06 December 2010

Irfan Bachdim Asli WNI Bukan Pemain Naturalisasi

Saat ini publik sepak bola Indonesia sedang hangat-hangatnya membicarakan timnas PSSI yang sedang berlaga diajang AFF Suzuki Cup 2010. Dua kali kemenangan telak timnas Indonesia atas lawan-lawanya (5-1 atas Malaysia dan 6-0 atas Laos) membuat publik sepakbola Indonesia semakin yakin dan percaya jika inilah saatnya timnas Indonesia berprestasi dengan menjuarai turnamen sepak bola terbesar se Asia Tenggara ini.


Salah satu pemain anyar yang menjadi sorotan publik di timnas Indonesia adalah Irfan Bachdim, pemain berusia 22 tahun ini tampil memukau di 2 pertandingan terakhir, 2 gol sudah dia sumbangkan untuk "merah putih". Banyak yang menganggap Irfan Bachdim ini adalah pemain naturalisasi, bahkan presenter televisi nasional-pun sering menyebutnya demikian, tentu hal ini kurang tepat.

Sebenarnya Irfan Bachdim bukanlah pemain naturalisasi, Irfan Bachdim merupakan pemain sepak bola Indonesia berdarah campuran (ayah) Indonesia dan (Ibu) Belanda. Memang benar Irfan lahir dan dibesarkan di Belanda, tapi Irfan tidak kehilangan hak sebagai warga negara Indonesia karena ia mengikuti kewarganegaraan ayahnya Noval Bachdim. Noval Bachdim sendiri adalah pemain sepak bola nasioanal yang pernah membela Persema di era 80-an.

Mari kita analisa bersama, salah satu syarat seseorang dapat menjadi warga negara Indonesaia (WNI) adalah telah tinggal di Indonesia minimal 5 tahun secara berturut-turut. Seperti pemain naturalisasi Cristian Gonzales, Ia dapat dinaturalisasi karena telah memenuhi syarat diatas, bahkan 'El Loco' telah menikah dan mempunyai anak dengan wanita Indonesia. Bandingkan dengan Irfan Bachdim, Irfan Bachdim tidak membutuhkan syarat diatas untuk dinaturalisasi, karena memang Irfan bukan pemain asing yang harus dinaturalisasi melainkan sejak awal Irfan memang Warga Negara Indonesia (WNI) yang lahir dan dibesarkan di Belanda.

Jika ada yang mau menambahkan atau mungkin ada yang menyangkal tulisan diatas silahkan didiskusikan dikolom komentar saja.

Related Posts



0 comments:

Post a Comment

Tulis komentar anda disini :)